Kamis, 07 April 2011

Sinergi Antara PT Pos Indonesia (Persero) Dengan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Untuk Meningkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat


Sumber : www.posindonesia.co.id


Jakarta, 9 Maret 2011. Derektur Utama PT Pos Indonesia (Persero), I Ketut Mardjana dan Dirut PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Emirsyah Satar, melakukan penandatanganan kerjasama dibidang pemanfaatan potensi para pihak untuk meningkatan pelayanan. Kedua pihak sepakat mengadakan kerja sama yang meliputi beberapa bidang Pelayanan Jasa Cargo dan Penjualan & Pelayanan Tiket Penerbangan Garuda Indonesia. Pada acara tersebut hadir Dirjen Perhubungan, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Bisnis PT Pos Indonesia (Persero), Setyo Riyanto dan Direktur Operasi Suratpos dan Logistik PT Pos Indonesia (Persero), Ismanto.

Beberapa kerjasama yang dijalin dalam sinergi tersebut yakni kerjasama dibidang Layanan Kargo yang diawali dengan pembukaan drop zone Cargo Garuda di titik layanan Pos Indonesia . Selain itu, dijalin juga kerjasama dibidang layanan penjualan tiket Garuda Indonesia dengan memanfaatkan outlet Pos Indonesia yang akan menjual tiket Garuda Indonesia. 

PT Pos Indonesia (Persero) suatu Badan Usaha Milik Negara yang bertujuan untuk turut serta melaksanakan dan menunjang kebijakan dan program Pemerintah Indonesia di bidang ekonomi dan pembangunan nasional pada umumnya, dan pada khususnya di bidang pelayanan jasa pos dan giro bagi masyarakat baik di dalam maupun di luar wilayah Indonesia dengan menerapkan prinsip-prinsip perseroan terbatas.

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk suatu perusahaan yang bergerak di bidang angkutan udara niaga berjadwal komersial, yang melayani penumpang dan barang, baik untuk rute domestik maupun internasional. 


Pelayanan Jasa Cargo
Di bidang pelayanan dan pemasaran jasa cargo, Pos Indonesia menyediakan ruangan untuk lokasi penyerahan barang dari pengguna jasa cargo kepada Garuda (Service point), dimana Garuda dapat melakukan kegiatan pelayanan bagi pelanggan eksisting  jasa cargo Garuda. Pos Indonesia akan mengantarkan barang-barang cargo Garuda antara service point dan gudang Garuda lini satu di bandara asal, maupun gudang Garuda lini satu di bandara tujuan dan service point tujuan. 

Sedangkan Garuda akan mengangkut barang-barang cargo Garuda dengan pesawat terbang Garuda Indonesia, setelah menerima barang yang telah diangkut Pos Indonesia (trucking) dari service point ke gudang Garuda lini satu di bandara.



Penjualan dan Pelayanan Tiket Penerbangan Garuda Indonesia
Untuk kerja sama pemasaran tiket penerbangan Garuda Indonesia, Pos Indonesia  menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) dan ruangan untuk dipergunakan sebagai lokasi pemasaran tiket penerbangan Garuda Indonesia (sales point), dimana Kantor Pos dapat melakukan kegiatan penjualan dan pelayanan bagi pengguna jasa penerbangan Garuda Indonesia yang akan dilayani di 3.700 Kantor Pos online diseluruh Indonesia.

Sebagai sebuah institusi bisnis yang memiliki infrastruktur massif berskala nasional, Pos Indonesia melakukan optimalisasi pemanfaatan kapasitas kantor pos yang kini berjumlah 3.794 unit tersebar di seluruh Indonesia. Pos Indonesia menyerap  tenaga kerja tak kurang dari  26 ribu pegawai. Di tahun 2010 Pos Indonesia telah melakukan investasi di bidang IT untuk membangun pengelolaan data, online system technology, Project management office, dan Track & Trace System. 

Dalam kerjasama ini Garuda memberikan dukungan melalui penyediaan pendidikan dan pelatihan bagi SDM POS, menyediakan sarana berupa sistem reservasi tiket, sarana dan prasarana lainn untuk interior sales point. Pelaksanaan kerjasama penjualan tiket ini  direncanakan akan dimulai tanggal 1 Juni 2011 setelah memenuhi persyaratan dan kajian kelayakan.

Dalam jangka panjang akan dikembangkan layanan Co-Branding antara Pos Indonesia dan Garuda Indonesia dibidang pengiriman kargo yang terintegrasi mulai dari pengiriman sampai penerimaan di kota tujuan, serta layanan lain yang dapat mendukung Garuda Indonesia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar