Kamis, 07 April 2011

Penandatanganan Sampul Peringatan Indonesia - Rusia

Sumber : www.posindonesia.co.id

Peringatan 60 tahun hubungan bilateral Indonesia – Rusia.

Tahun 2010 merupakan tahun yang sangat berarti bagi 2 negara yaitu Indonesia dan Rusia. Di tahun 2010 ini Indonesia dan Rusia memperingati 60 tahun hubungan diplomatiknya. Salah satu rangkaian acara untuk memperingati 60 tahun hubungan diplomatic Indonesia dan Rusia adalah penerbitan Sampul Peringatan atau lebih dikenal dengan sebutan Commemorative Cover.

Prangko atau produk turunan lainnya, tidak hanya sarana untuk pembayaran surat pos, tetapi mereka juga dapat berfungsi sebagai duta dan pembawa bendera negara. Juga dapat pula menampilkan keaneka ragaman budaya dan hayati dari negara penerbit. Dalam hal ini penerbitan sampul bersama Indonesia Dan Rusia dapat pula menjadi jembatan untuk mempererat tali persaudaraan antar 2 negara.

Menurut Muhammad Budi Setiawan, Plt. Dirjen Postel, penerbitan prangko ini merupakan salah satu rangkaian acara dalam rangka memperingati 60 tahun hubungan diplomatic Indonesia – Rusia. 

Bertempat di Ditjen Postel pada tanggal 19 November 2010 dilaksanakan penandatanganan Sampul Peringatan bersama hubungan bilateli Republik Indonesia dan Rusia dilakukan oleh Plt. Dirjen Postel, M. Budi Setiawan, Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Alexander Ivanov dan disaksikan oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Rusia, Hamid Awaluddin. 

Kegiatan serupa telah dilaksanakan pula di Moscow – Rusia. Pada tanggal 15 September 2010 bertempat di Moskow telah diterbitkan pula sampul berteraan prangko ( Artistic Stamped Envelope) dan peluncurannya dihadiri oleh Dubes Republik Indonesia untuk Rusia, Hamid Awaluddin , Pejabat Kementrian Luar Negeri dan disaksikan pula oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Mari E. Pangestu.

Desain sampul peringatan ini diambil berdasarkan hasil kelompok kerja nasional, yaitu Gelora Bung Karno dan Satdium Luzhniki dengan latar biru bergambar peta kedua Negara dan desain prangko prisma ditetapkan adalah gambar Tugu Monas dan Kremlin yang didampingi dengan gambar jabat tangan.

Pada kesempatan yang sama diserahkan pula kepada Dubes RI untuk Rusia dan Dubes Rusia untuk RI, prangko Prisma dengan gambar foto profil kedua Duta Besar tersebut. 

Makna dari Desain tersebut adalah bangunan yang memiliki kekhasan yang dapat mewakili identitas kedua Negara sebagai symbol persahabatan RI – Rusia. (Nov).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar