Minggu, 10 April 2011

Disdik DKI Jakarta Gandeng PT Pos Indonesia

Distribusi soal ujian nasional (UN) di wilayah DKI Jakarta dipastikan bakal lancar setelah Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta bekerja sama dengan PT Pos Indonesia. 

Ketua Disdik DKI Jakarta Taufik Yudhi Mulyanto di Jakarta, Minggu (10/4) menjelaskan,  melihat ketentuan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) proses pendistribusian yang menggandeng PT Pos Indonesia diyakini bakal lancar.  Apalagi hampir semua wilayah Ibu Kota terjangkau transportasi. 

Taufik menambahkan, sehari sebelum pelaksanaan UN, soal sudah berada di masing-masing rayon dan dijaga ketat 24 jam oleh panitia lokal didampingi polisi. Setiap rayon membawahi sekitar 20 sekolah sampai 40 sekolah, atau rata-rata 30 sekolah. 

Dengan begitu, lanjut Taufik, soal UN akan didistribusikan pukul 06.00 WIB pada hari pelaksanaan. Namun khusus wilayah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, distribusi soal dilakukan pukul 05.00 WIB atau satu jam lebih awal dibandingkan dengan wilayah lain di Jakarta. 

Sedangkan proses pengangkutan ke Kepulauan Seribu, dari gudang penyimpanan di rayon terdekat, soal UN itu diangkut mobil pick up. Ketika sampai di dermaga akan dialihkan ke kapal pengangkut khusus milik Disdik DKI Jakarta. 

"Dengan skenario itu soal UN akan diterima masing-masing panitia sekolah secara bersamaan (baik yang di wilayah Kepulauan Seribu maupun di kawasan lain di Jakarta). Semua siswa mengerjakan soal mulai pukul 08.00 WIB. Sehingga tidak ada peluang terjadinya kebocoran soal," jelas Taufik. 

Dengan demikian, Disdik DKI menjamin siswa yang mendapat nilai tinggi mencerminkan kemampuan para siswa. Jika dia lulus karena memang siswa mampu mengerjakan soal dengan baik dan menguasai materi yang diujikan. "Kami mengharap siswa di DKI yang lulus harus melalui cara-cara yang benar dan jujur," tandas Taufik. Sumber http://www.mediaindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar