Kamis, 28 April 2011

Pos Indonesia Raih Penghargaan "Asia Pasific Agent of The Year 2010" dari Western Union


sumber : www.posindonesia.co.id


Bisnis remittance cash to cash di Asia Pasifik dan seluruh dunia mengalami pertumbuhan tinggi. PT Pos Indonesia (Persero) sebagai perusahaan yang menekuni penggarapan pasar cash based society mendapat penghargaan “ASIA PASIFIC AGENT OF THE YEAR 2010” dari Western Union pada acara “Western Union Agent Summit 2011” yang diselenggarakan oleh Westren Union di Beijing pada tanggal 29-30 Maret 2011. Agent Summit dihadiri oleh 44 negara se Asia Pasifik termasuk  Australia, dan New Zealand. Masing-masing Negara mengirimkan beberapa agen, dan  dari Indonesia dihadiri oleh PT Pos Indonesia (Persero) dan beberapa Agen  Western Union lainnya. 

Pos Indonesia sebagai agen resmi Western Union yang memiliki jaringan terluas, bisnis dan layanan terbesar, selain dinobatkan sebagai “Asia Pasific Agent of The Year 2010”, juga memperoleh penghargaan “Business Champion 2010” dari Western Union. 

Pos Indonesia merupakan satu-satunya agen di Indonesia yang menerapkan pola host to host.  Modernisasi bisnis melalui online system dengan pola host to host yang dikembangkan bersama Western Union sangat mendukung peningkatan kinerja hingga mengusung Pos Indonesia menjadi Agen Western Union terbaik di Asia Pasifik. Penghargaan tersebut merupakan penghargaan dunia terhadap kiprah Pos Indonesia.  Keberhasilan ini tidak terlepas dari kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap layanan jasa keuangan Pos Indonesia. Pos Indonesia terus menerus meningkatkan service excellence termasuk inovasi dalam sistem dan teknologi demi kepuasan para pelanggan.

KANTOR POS INGGRIS TERBITKAN PERANGKO PANGERAN WILLIAM-KATE MIDDLETON



Jawatan Pos Kerajaan Inggris akan mengeluarkan perangko khusus untuk memperingati pernikahan Pangeran William dengan Kate Middleton yang akan berlangsung 29 April mendatang. 

Perangko tersebut tersebut akan memuat foto-foto hasil jepretan fotografer Mario Testino. Perangko ini mulai bisa dibeli pada 21 April mendatang. 

"Kami merasa terhormat bisa ikut merayakan dengan acara khusus dan bersejarah ini. Kami yakin perangko tersebut akan menarik minat masyarakat baik di Inggris maupun di dunia," jelas Stephen Agar dari Jawatan Pos Inggris, Selasa (29/3). 

Disebutkan, Ratu Elizabeth, nenek Pangeran William telah memberikan persetujuan tentang rencana penerbitan perangko ini. Ini merupakan kali ketiga wajah Pangeran William dijadikan gambar perangko. 

Sebelumnya wajahnya juga dipakai dalam perangko yang diterbitkan khusus menyambut ulang tahun ke-100 ibu Ratu Elizabeth pada 2000 lalu dan pada 2003 saat jawatan pos Inggris menerbitkan perangko khusus menyambut ulang tahun dirinya yang ke-21.

Rabu, 27 April 2011

XL Jalin Kerja Sama dengan PT Pos Indonesia

Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi dan Direktur Utama PT Pos Indonesia, I Ketut Mardjana, menandatangani nota kerja sama di Jakarta, Rabu (9/3).
Pada tahap awal, kerja sama ini akan mencakup pemanfaatan layanan online untuk pembayaran komisi kepada para retailer dan canvasser XL yang tersebar di pelosok tanah air.

Hasnul Suhaimi mengatakan, para retailer dan canvasser merupakan mitra utama XL dalam memenuhi kebutuhan pelanggan di lapangan. Melalui kerja sama dengan PT Pos Indonesia, diharapkan pengiriman komisi kepada mereka jadi lebih mudah.
"Bahkan bagi mereka yang tidak memiliki rekening bank sekalipun. Semoga kemudahan ini semakin meningkatkan kinerja dan motivasi mereka," kata Hasnul.

Melalui kerja sama ini, para retailer dan canvasser akan bisa mengambil dana komisinya dari XL secara langsung. Mereka cukup dengan menunjukkan SMS yang membuktikan dia menerima kiriman uang ke outlet-outlet online Kantor Pos terdekat. Saat ini sudah terdapat sedikitnya 3900 outlet online di seluruh Indonesia yang bisa melayani keperluan ini.

I Ketut Mardjana mengatakan, PT Pos Indonesia memiliki berbagai jasa layanan. Mulai pengiriman barang, surat, termasuk juga layanan pengiriman uang.
"Melalui keberadaan puluhan ribu outlet kami yang tersebar di seluruh Indonesia, kami berharap kerja sama dengan PT XL Axiata Tbk ini bisa berkembang di masa depan untuk berbagai keperluan," ujarnya.

Menurut Hasnul Suhaimi, kerja sama dengan PT Pos Indonesia bisa dikembangkan lagi di masa datang untuk keperluan bisnis lainnya. Antara lain pengiriman dokumen, hadiah, kartu perdana, bahkan juga payment point untuk produk XL (XL Tunai) dan outlet BlackBerry.

Barang-Barang yang Dilarang untuk Dikirim Melalui Layanan Paket Pos Indonesia


  1. Bahan yang rentan terhadap oksidasi, seperti: bubuk pemutih, peroksidan dll
  2. Accu atau baterai basah
  3. Makanan basah atau berminyak
  4. Benda yang dapat meledak atau menyala atau barang yang dapat terbakar sendiri seperti senjata api, peluru dan bahan peledak, mercon atau sejenisnya serta segala macam korek api dan gas pengisinya.
  5. Binatang hidup kecuali lebah, lintah, ulat sutera, parasit, serangga dan serangga pembasmi serangga perusak yang dikirim oleh badan yang diakui resmi.
  6. Uang logam, uang kertas Bank dan surat berharga bagi pengunjuk, platina, emas atau perak yang telah dikerjakan atau belum, permata, perhiasan dll.
  7. Barang yang menyinggung kesusilaan.
  8. Candu morfin, kokain dan obat terlarang lainnya.
  9. Bahan biologis yang mudah busuk dan mudah menularkan penyakit.
  10. Barang lainnya yang menurut peraturan perundang-undangan dinyatakan terlarang.

2012 Kantor Pos Surabaya Buka 24 Jam




PT Kantor Pos Indonesia kini membuka pelayanan 24 jam di Juanda. Pelayanan penuh yang pertama kali ini diharapkan mampu memberikan layanan dan menunjang denyut bisnis di kawasan Juanda yang memang seakan tak pernah tidur.

"Kami sengaja mengawalinya dari Surabaya, karena disinilah yang paling siap. Apalagi ini kantor pos ini dekat dengan Juanda yang 2012 mendatang juga akan di buka 24 jam," beber Ismanto, Direktur Operasi Surat Pos dan Logistik PT Pos Indonesia, saat peresmian kantor pos cabang Juanda, Rabu (6/4/2011).

Rencananya layanan 24 jam ini juga akan dibuka di berbagai kawasan di Indonesia, terutama di daerah yang padat penduduknya. 

Bahkan layanan 24 jam nanti akan ditawarkan kepada 200 agen PT Pos Indonesia di Surabaya, sehingga omset mereka menjadi lebih besar lagi. 

Tak hanya sekedar memberikan layanan 24 jam saja, PT Pos juga akan memaksimalkan layanan antar tepat waktu dengan range waktu yang lebih pendek. Seperti untuk tujuan pengiriman dalam kota dipastikan bisa sampai dalam jangka waktu 24 jam.

"Dengan inovasi ini kami optimis mampu mencapai target omset dari Rp 310 miliar tahun lalu menjadi Rp 363 miliar tahun ini. Kami yakin karena ratusan kantor cabang kami di Jatim memiliki  maksimal revenue Rp 100 juta per bulannya.Bahkan dibeberapa kantor cabang kami sudah melayani hingga pukul 21.00 WIB," tambah Junaidi, Kepala Divisi Regional VII Jatim.

Minggu, 17 April 2011

75 Armada PT Pos Indonesia (Persero) Angkut Naskah Soal UN





Pendistribusian naskah soal ujian nasional (UN), Minggu (17/4/2011), mengerahkan setidaknya 75 mobil boks milik PT Pos Indonesia. Mobil-mobil boks itu mendistribusikan naskah soal dari Percetakan Balai Pustaka ke seluruh Rayon di wilayah DKI Jakarta. Berdasarkan pengamatan kami, untuk wilayah DKI Jakarta, naskah dan dokumen ujian nasional telah didistribusikan ke 27 Rayon sejak pagi tadi.

Koordinator pengerahan kendaraan PT Pos Indonesia, Zulfadli mengatakan, 75 armada kendaraan yang dikerahkan berasal dari seluruh wilayah DKI Jakarta  yaitu, Jakarta Pusat 10 mobil, Jakarta Utara 12 mobil, Jakarta Barat 13 mobil, Jakarta Selatan 19 dan Jakarta Timur 21 mobil.

"Semua armada berasal dari wilayah DKI Jakarta. Untuk distribusinya, kita set armada sesuai wilayah sehari-hari, dengan alasan lebih menguasai wilayah," kata Zulfadli.
Dalam proses pendistribusian naskah soal ujian nasional, Zulfadli menjelaskan, PT Pos Indonesia hanya bertugas sebagai pengantar. Adapun, mengenai tanggung jawab lain dan keamanan menjadi tugas Dinas Pendidikan dan Percetakan Balai Pustaka.
"Kita hanya pihak yang mendistribusikan, soal pengamanan dan lainnya, itu tugas Dinas Pendidikan dan Percetakan Balai Pustaka," tegas Zulfadli. 

Pos Indonesia tandatangani Nota Kesepahaman dengan BPK RI




Jakarta (info). Pos Indonesia menandatangani Nota Kesepahaman dengan BPK RI tentang Cara Mengakses Data. Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Dirutpos I Ketut Mardjana, dan Sekertaris Jenderal BPK RI, Hendar Ristriawan, di Auditorium BPK RI selasa (12/04) bersama dengan puluhan Direktur BUMN lainnya, disaksikan Menteri Negara BUMN RI Mustafa Abubakar dan Ketua BPK, Hadi Poernomo.
Selain BUMN Bidang Logistik juga BUMN bidang lainnya; BUMNTelekomunikasi dan Media, BUMN Industri Kertas, percetakan danPenerbitan, BUMN Kawasan, BUMN Perhotelan dan Pariwisata, BUMNPerdagangan, BUMN Sertifikasi.

Nota Kesepahaman berisi tentang Pengembangan dan Pengelolaan Sistem Informasi untuk Akses Data dalam rangka Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara. Hal ini merupakan langkah strategis dalam rangka mewujudkan sinergi antara BPK dengan para pemilik kepentingan, termasuk di antaranya entitas yang diperiksa oleh BPK. Selain mempermudah pelaksanaan pemeriksaan oleh BPK, kesepahaman ini juga dapat mendorong transparansi dan akuntabilitas data auditee.

Minggu, 10 April 2011

Disdik DKI Jakarta Gandeng PT Pos Indonesia

Distribusi soal ujian nasional (UN) di wilayah DKI Jakarta dipastikan bakal lancar setelah Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta bekerja sama dengan PT Pos Indonesia. 

Ketua Disdik DKI Jakarta Taufik Yudhi Mulyanto di Jakarta, Minggu (10/4) menjelaskan,  melihat ketentuan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) proses pendistribusian yang menggandeng PT Pos Indonesia diyakini bakal lancar.  Apalagi hampir semua wilayah Ibu Kota terjangkau transportasi. 

Taufik menambahkan, sehari sebelum pelaksanaan UN, soal sudah berada di masing-masing rayon dan dijaga ketat 24 jam oleh panitia lokal didampingi polisi. Setiap rayon membawahi sekitar 20 sekolah sampai 40 sekolah, atau rata-rata 30 sekolah. 

Dengan begitu, lanjut Taufik, soal UN akan didistribusikan pukul 06.00 WIB pada hari pelaksanaan. Namun khusus wilayah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, distribusi soal dilakukan pukul 05.00 WIB atau satu jam lebih awal dibandingkan dengan wilayah lain di Jakarta. 

Sedangkan proses pengangkutan ke Kepulauan Seribu, dari gudang penyimpanan di rayon terdekat, soal UN itu diangkut mobil pick up. Ketika sampai di dermaga akan dialihkan ke kapal pengangkut khusus milik Disdik DKI Jakarta. 

"Dengan skenario itu soal UN akan diterima masing-masing panitia sekolah secara bersamaan (baik yang di wilayah Kepulauan Seribu maupun di kawasan lain di Jakarta). Semua siswa mengerjakan soal mulai pukul 08.00 WIB. Sehingga tidak ada peluang terjadinya kebocoran soal," jelas Taufik. 

Dengan demikian, Disdik DKI menjamin siswa yang mendapat nilai tinggi mencerminkan kemampuan para siswa. Jika dia lulus karena memang siswa mampu mengerjakan soal dengan baik dan menguasai materi yang diujikan. "Kami mengharap siswa di DKI yang lulus harus melalui cara-cara yang benar dan jujur," tandas Taufik. Sumber http://www.mediaindonesia.com

Kamis, 07 April 2011

Pos Indonesia Membuka Pameran Filateli dan Meluncurkan Seri Edisi Khusus Kain Tradisional Indonesia


Sumber: www.posindonesia.co.id
Yogyakarta, 30 Maret 2011. Direksi PT Pos Indonesia (Persero) bersama Dirjen Postel Dirjen Postel, Ketua Umum PP  PFI dan dihadiri oleh Gubernur DI Yogyakarta membuka Pameran Filateli (Panfila) di Yogyakarta pada tanggal 30 Maret 2011. Pada saat yang bersamaan diluncurkan Sampul Pameran, Souvenir Sheet dan Kemasan Khusus Indonesia 2012 seri “Kain Tradisional Indonesia”.

Souvenir Sheet 1 menampilkan Ulos Batak dari Sumatera Utara, Tenun Tampan dari Lampung,  Batik Lasem dari Jawa Tengah, Batik Parang    Garuda dari Yogyakarta, Sasirangan Banjar dari Kalimantan Selatan, Tenun Iban dari Kalimantan Timur, Tenun Toraja dari Sulawesi Selatan, Tenun Sumba dari Nusa Tenggara Timur. Sedangkan Souvenir Sheet 2 menampilkan desain Batik Parang Garuda dari  Yogyakarta, dicetak dalam 2 jenis dengan harga Rp 20.000,-, dan Rp 5.000,-, adapun Sampul Pameran dicetak sebanyak 4.000 (empat ribu) set dengan harga Rp 7.000,- per set. Dan dalam rangka penyelenggaraan Kejuaraan dan Pameran Prangko Dunia “World Stamp Championship and Exhibition” atau “INDONESIA 2012” diterbitkan Kemasan Khusus yang dicetak sebanyak 5.000  set dengan harga @ Rp 60.000,-.

Benda Filateli seri ini dapat dibeli dan dipesan dengan weselpos/cekpos/giropos, transfer dana atau kartu kredit yang ditujukan ke alamat sebagai berikut :

a.  KANTORPOS  BANDUNG, Jl. Asia Afrika No. 49 Bandung 40111
     Telp. 022-4210528 Fax 022-4240725
     Email : 400mfilateli@posindonesia.co.id
     §  Rekening giropos On Line  no.41.88
     §  Rekening Bank BNI Cabang Bandung Jl. Asia Afrika
         Rekening no.0024464513
 
b.  KANTOR FILATELI JAKARTA, Jl. Pos no. 2 Jakarta 10710
      Telp. 021-34834738 Fax 021-3861787
      Email : filaweb@posindonesia.co.id
      §  Rekening Bank BNI Jakarta Cab. Pasar Baru
          Rekening no.9140857

c.  Kemasan Khusus/Edisi Khusus INDONESIA 2012 tidak dijual di loket kantor        pos dan hanya dapat dipesan dengan mengisi formulir pemesanan, yang alamatkan kepada KEPALA KANTOR FILATELI JAKARTA, Jl. Pos no. 2 Jakarta 10710
      Telp. 021-34834738 Fax 021-3861787
      Email : 107kkp@posindonesia.co.id
Sedangkan Prangkonya baru dapat dijual pada tanggal penerbitan yakni tanggal 2 Oktober 2011. Prangko dilengkapi dengan alat pengaman tanda khusus berupa logo Pos Indonesia yang hanya dapat dilihat dengan sinar ultra violet. 


Pada kesempatan yang sama, Pos Indonesia memberikan hadiah kepada 13 pemenang lomba photo “POS INDONESIA PHOTO CONTEST 2010” dengan tema POS INDONESIA PEREKAT BANGSA.

Nama-nama Pemenang :
1.    Juara I               : Yudistiro Pranoto
2.    Juara II              : Adi Rahmatullah
3.    Juara III          : Tubagus Silahudin
4.    Pemenang Harapan 1   : Sugede SS
5.    Pemenang Harapan 2   : Suroto “Jimboeng”
6.    Pemenang Harapan 3   : Sofyan Effendi
7.    Pemenang Nominasi 1  : Setyo Adi Nugroho
8.    Pemenang Nominasi 2  : Joko Kristiono
9.    Pemenang Nomonasi 3 : Sutarya Partadisastra
10.    Pemenang Nominasi 4  : Stanlie
11.    Pemenang Nominasi 5  : Junaidi
12.    Pemenang Nominasi 6  : Segede SS
13.    Pemenang Nominasi 7  : Hartono.

Masing-masing pemenang akan mendapatkan hadiah berupa
•    Juara I                   : Trophy  Pos Indonesia & Uang Tunai Rp13.000.000,-
•    Juara II                                     : Trophy  Pos Indonesia & Uang Tunai Rp9.000.000,-
•    Juara III                        : Trophy Pos Indonesia & Uang Tunai Rp6.500.000,-
•    Juara Harapan (3 Orang)  masing-masing mendapatkan Trophy Pos Indonesia & Uang Tunai Rp2.000.000,-
•    Nominasi ( 7 Orang) masing-masing mendapatkan Trophy Pos Indonesia & Uang Tunai Rp1.500.000,-

Pos Indonesia adalah alat Pemerintah salah satu perannya sebagai perekat bangsa merupakan hal yang melatarbelakangi “POS INDONESIA PHOTO CONTEST 2010 yang menghasilkan 515 karya foto. Oleh 5 (lima) orang dewan juri yang berkompeten di bidang fotografi, maka diperoleh 13 (tiga belas) pemenang.  

Lomba photo dimulai tanggal 1 September 2010 dan berakhir pada tanggal 31 Desember 2010, diadakan oleh Pos Indonesia bekerjasama dengan Air Photography Communications, merupakan sebuah program edukasi fotografi untuk kelima kalinya Kali ini lomba diikuti oleh 226 perserta yang berasal dari berbagai kalangan klub-klub foto, mahasiswa/I, pelajar, hobiis, wartawan, professional & amatir dari seluruh daerah di Indonesia.


Panfila ini merupakan salah satu sosialisasi rencana Pameran Filateli Dunia (World Stamp Championship and Exhibition) dengan “Jembatan Menuju Dunia Yang Damai Melalui Prangko” (Bridging To The World Of Peace Through Stamp) yang akan diselenggarakan pada tanggal 18 -24 Juni 2012 bertempat digedung Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Pos Indonesia Perketat Pemeriksaan Kiriman Paket

Sumber: www.posindonesia.co.id


Sebagaimana kita ketahui akhir-akhir ini kejadian terror bom yang disamarkan/disisipkan dalam sebuah paket tengah mengancam dan meresahkan seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. Berbagai pihak tengah sibuk mengantisipasi dengan berbagai tindakan preventif, tak terkecuali PT. Pos Indonesia (Persero) sebagai salah satu BUMN terkemuka yang berpengalaman dalam menangani jasa pengiriman paket. 

Sehubungan Paketpos menjadi salah satu produk andalan Pos Indonesia, kini di seluruh Kantor Pos semakin melakukan pengetatan dalam memeriksa kiriman paket pos yang dikirim oleh masyarakat. Seluruh jajaran ujung tombak di Kantor Pos terutama seluruh pegawai loket serta pengantar harus  berhati-hati. 

Untuk menjamin keamanan dan keselamatan kiriman pos, manajemen Pos Indonesia  tengah focus mengantisipasi pencegahan atas hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat membahayakan dan menganggu keselamatan, dengan mengeluarkan kebijakan yang berisi pengumuman/pemberitahuan kepada seluruh jajaran internal tentang kewaspadaan terhadap kiriman pos. Tindakan preventif tersebut dilakukan dengan cara mewajibkan kepada seluruh petugas loket untuk melakukan pemeriksaan semua kiriman yang berwujud paket/barang yang diterima dari pengirim melalui berbagai layanan diantaranya Pos Ekspress, Pos Kilat Khusus, Paketpos Biasa dan Logistik. 

Petugas loket di seluruh Kantor Pos terus meningkatkan kewaspadaan terhadap paket-paket yang mencurigakan. 

Kepada seluruh pengguna jasa Pos Indonesia, dengan ini diberitahukan beberapa jenis barang yang dilarang untuk dikirimkan karena berpotensi dapat mengancam keselamatan manusia, dan membahayakan lingkungan maupun barang kiriman lainnya, yaitu : 

1.    Bahan yang rentan terhadap oksidasi, seperti : bubuk pemutih, peroksidan dll
2.    Accu atau baterai basah
3.    Makanan basah atau berminyak
4.    Benda yang dapat meledak atau menyala atau barang yang dapat terbakar sendiri seperti senjata api, peluru dan bahan peledak, mercon atau sejenisnya serta segala macam korek api dan gas pengisinya.
5.    Binatang hidup kecuali lebah, lintah, ulat sutera, parasit, serangga dan serangga pembasmi serangga perusak yang dikirim oleh badan yang diakui resmi.
6.    Uang logam, uang kertas Bank dan surat berharga bagi pengunjuk, platina, emas atau perak yang telah dikerjakan atau belum, permata, perhiasan dll.
7.    Barang yang menyinggung kesusilaan.
8.    Candu morfin, kokain dan obat terlarang lainnya.
9.    Bahan biologis yang mudah busuk dan mudah menularkan penyakit.
10.    Barang lainnya yang menurut peraturan perundang-undangan dinyatakan terlarang.


Untuk meyakinkan tentang isi paket/kiriman, maka pegawai loket berhak memperoleh informasi yang benar dari pengguna layanan pos (pengirim) tentang kiriman yang dinyatakan pada dokumen pengiriman (resi). Sehubungan dengan upaya pencegahan barang terlarang, Pos Indonesia mengatur beberapa hal sebagai berikut :
a.    Pengirim harus mengunjukkan isi kiriman secara terbuka  dan petugas loket akan mencocokkan kebenaran jenis kiriman 
b.    Untuk beberapa kantor yang menyediakan alat metal detector, maka petugas loket akan melakukan pengecekan dengan menggunakan metal detector satu persatu, apabila ditemui kecurigaan maka pihak Kantor Pos akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut. 
c.    Pengguna layanan pos (Pengirim) wajib menandatangani pernyataan  tentang isi kiriman pada kolom yang tersedia di halaman muka resi. 
Selain pemeriksaan pada tahap collecting, pada tahap delivery pun ditetapkan kewajiban pencantuman identitas penerima  dan petugas pos dengan membubuhkan tandatangan dan nama jelas pada bukti penerimaan.

Ketentuan tersebut di atas adalah prosedur tetap operasional di PT Pos Indonesia (Persero) dalam upaya mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu tetaplah setia bersama Pos Indonesia yang telah menyediakan berbagai layanan pengiriman barang seperti : Paketpos Standar layanan hemat untuk pengiriman barang dalam negeri, dan untuk pengiriman barang keluarnegeri, tersedia layanan Paketpos Luar Negeri. Pos Indonesia juga menyediakan Layanan Prioritas pengiriman barang untuk kota tujuan tertentu di Indonesia dengan garansi waktu tempuh kiriman dan ganti rugi jika terjadi keterlambatan.

Tak hanya itu, kelengkapan lain juga disediakan layanan pengiriman barang dengan fitur yang disesuaikan dengan permintaan pelanggan dalam bentuk layanan Paket Pos Perlakuan Khusus, dengan atribut permintaan pengguna jasa seperti permintaan Berita Terima, Reporting, Track and Trace, Pick Up Service, Inserting dan Pra Posting.

Berbeda lagi dengan layanan Paketpos Kilat Khusus yang memberikan kecepatan maksimal H+4 di seluruh Indonesia dengan tarif ekonomis dan kompetitif. Jaringan Paketpos Kilat Khusus terintegrasi dan terkoneksi dengan sistem teknologi informasi yang memungkinkan status kiriman lebih mudah dilacak dan diketahui. Pos Indonesia terus mengembangkan jaringan pengiriman barang yang menjangkau seluruh Indonesia (182 kota/kabupaten) demi memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat. 

Pick Up Service disediakan bagi pengiriman dalam jumlah tertentu. Adapun layanan tambahan dapat diberikan sesuai dengan kebutuhan pelanggan bisnis (big user), diantaranya berupa penyesuaian jangkauan pelayanan atau standar, waktu penyerahan, pick up service, bukti pengeposan, berita acara penyerahan barang, jejak lacak, garansi, ganti rugi, reporting atau investigasi yang sifatnya customized by cintract dengan tarif negotiable. Informasi layanan, tarif, Track and Trace dan jaringan kiriman Paketpos bisa langsung cek ke website www.posindonesia.co.id.

Dengan semua antisipasi dan prosedur sebagaimana diuraikan di atas, diharapkan masyarakat tidak ragu lagi dalam mempercayakan kiriman paketnya melalui PT Pos Indonesia (Persero).

Pos Indonesia Melestarikan Penghijauan di Lingkungan Kampus


Sumber: www.posindonesia.co.id


Bandung, 19 Maret 2011. Pos Indonesia sebagai perusahaan BUMN memiliki predikat sebagai pelayan publik berintegritas tinggi ini telah mewujudkan rasa tanggung jawab sosialnya dalam berbagai aspek. Pos Indonesia kali ini semakin gesit mewujudkan kepeduliannya terhadap lingkungan dengan sasaran ingin membangun kualitas hidup masyarakat yang baik melalui penghijauan lingkungan. 

Pos Indonesia selain telah menjalankan aktivitas Corporate Social Responsibility bidang pembangunan ekonomi, juga pada tahun 2011 ini dilakukan aktivitas bidang Pendidikan, seperti pemberian beasiswa bagi siswa berprestasi sumbangan bagi sarana pendidikan dan pelatihan kejuruan bagi remaja putus sekolah, pembangunan Sekolah di wilayah Sumbar sebagai recovery pasca gempa. Bidang Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat, seperti pengobatan gratis bagi masyarakat miskin dan Gerakan Hidup Sehat serta bantuan sarana kesehatan, serta turut berpartisipasi pada Pasar Murah BUMN yang diselenggarakan di Jawa Barat tahun 2010. Bidang Seni dan Olahraga berupa Pelestarian Budaya dan seni tradisional.
Dan bidang Keagamaan dan Kepedulian Sosial, diwujudkan dalam bentuk bantuan kepada korban bencana alam dan bantuan keagamaan/peribadatan. Dibidang Pemeliharaan Kebersihan dan Keindahan Lingkungan, telah dilakukan aktivitas berupa  pembuatan taman kota dan  penghijauan dalam rangka Gerakan Bandung Hijau serta penanaman pohon langka di tahun 2010  termasuk “Bali Go Green” di Denpasar. 

Pada tanggal 19 Maret 2011 dilakukan penanaman 800 Pohon yang terdiri dari  bibit pohon mangga, klengkeng, Jambu, durian monthong dan trembesi di Kampus Universitas Padjadjaran ( UNPAD) Jatinangor. Penanaman dilakukan secara simbolis yakni bibit pohon buah dan tanaman pelindung oleh Pemerintah Daerah/Bupati Sumedang, Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum PT Pos Indonesia (Persero), Entis Sutisna, dan Rektor Universitas Padjadjaran Bandung. Dalam melakukan penanaman ini tentunya melibatkan masyarakat sekitar dengan harapan dapat menimbulkan rasa kepedulian terhadap kelestarian pohon/tanaman.
Kemudian seusai itu akan dilanjutkan dengan acara Lomba Lintas Lembah dan Bukit (L3B) yang bersifat kompetisi dan terbuka untuk umum yang diselenggarakan oleh BEM Fakultas Pertanian UNPAD sebagai wujud mendidik kegenerasi muda untuk mencintai lingkungan hidup.

Bidang Kebersihan dan Keindahan Lingkungan sangat berpengaruh terhadap kualitas kenyamanan hidup. Oleh karena itu Pos Indonesia bersama-sama dengan Pemerintah Daerah dan UNPAD melakukan penghijauan yang sangat berguna bagi lingkungan.  
Program ini sejalan dengan Program Kerja Kementerian Negara BUMN dalam menunjang Program Penanaman satu miliar pohon yang dicanangkan oleh Pemerintah.

Peluncuran Sampul Peringatan Satu Abad Mr. Sjafruddin Prawiranegara


Sumber: www.posindonesia.co.id


Sampul Peringatan adalah salah satu benda filateli yang diterbitkan untuk memperingati suatu kegiatan penting. Sampul Peringatan berbentuk sampul yang dibubuhi oleh prangko PRISMA, dapat dipergunakan untuk berkirim surat dengan besar tarif surat biasa. Disamping itu , Sampul Peringatan dapat ditandatangani untuk menandai suatu peringatan dan dapat dijadikan sebagai koleksi benda filateli/dokumen penting. Sampul Peringatan (SP) Satu Abad Mr. Sjafruddin Prawiranegara diterbitkan dalam rangkaian kegiatan satu abad Mr. Sjafruddin Prawiranegara yang tepatnya jatuh pada tanggal 28 Februari 2011.

Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kemonkominfo) meluncurkan sampul peringatan satu abad MR. Sjafruddin Prawiranegara. Acara berlangsung di Gedung Serba Guna Kementerian Kemenkominfo, Jakarta, Jumat (11/3/2011). Dihadiri oleh keluarga besar MR. Sjafruddin Prawiranegara dan pejabat di lingkungan Menkominfo. Sampul Peringatan ditandatangani oleh Ketua Panitia Peringatan, A.M. Fatwa, perwakilan dari pihak keluarga, Aisyah Gani Prawiranegara dan Menteri Kominfo, Tifatul Sembiring.

Mr. Sjafruddin Prawiranegara merupakan pejuang pada masa revolusi kemerdekaan Republik Indonesia. Ia lahir pada 1911 di Anjer Kidoel, Banten dan memiliki nama kecil 'Kuding'.
 
Mr. Sjafruddin Prawiranegara pernah ditugaskan Presiden RI, Ir. Soekarno dan Wapres Mohammad Hatta untuk membentuk pemerintahan darurat RI pada 1948. Ketika itu Soekarno-Hatta diasingkan Belanda ke Pulau Bangka, dari sinilah Mr. Sjafruddin mendapat julukan 'Presiden RI yang terlupakan'.
 
Peringatan satu abad Mr. Sjafruddin Prawiranegara dikemas beberapa acara antara lain seminar di beberapa daerah, pembuatan dokumenter dan pameran foto-foto perjuangan.

Pada kesempatan yang sama Direktur Pemasaran dan Pengembangan Bisnis, Setyo Riyanto, memberikan cindera mata kepada Ketua Panitia Peringatan dan Menteri Kominfo berupa Prangko Prisma yang tertera foto Profile kedua tokoh tersebut diatas. (Vie)

Sinergi Antara PT Pos Indonesia (Persero) Dengan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Untuk Meningkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat


Sumber : www.posindonesia.co.id


Jakarta, 9 Maret 2011. Derektur Utama PT Pos Indonesia (Persero), I Ketut Mardjana dan Dirut PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Emirsyah Satar, melakukan penandatanganan kerjasama dibidang pemanfaatan potensi para pihak untuk meningkatan pelayanan. Kedua pihak sepakat mengadakan kerja sama yang meliputi beberapa bidang Pelayanan Jasa Cargo dan Penjualan & Pelayanan Tiket Penerbangan Garuda Indonesia. Pada acara tersebut hadir Dirjen Perhubungan, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Bisnis PT Pos Indonesia (Persero), Setyo Riyanto dan Direktur Operasi Suratpos dan Logistik PT Pos Indonesia (Persero), Ismanto.

Beberapa kerjasama yang dijalin dalam sinergi tersebut yakni kerjasama dibidang Layanan Kargo yang diawali dengan pembukaan drop zone Cargo Garuda di titik layanan Pos Indonesia . Selain itu, dijalin juga kerjasama dibidang layanan penjualan tiket Garuda Indonesia dengan memanfaatkan outlet Pos Indonesia yang akan menjual tiket Garuda Indonesia. 

PT Pos Indonesia (Persero) suatu Badan Usaha Milik Negara yang bertujuan untuk turut serta melaksanakan dan menunjang kebijakan dan program Pemerintah Indonesia di bidang ekonomi dan pembangunan nasional pada umumnya, dan pada khususnya di bidang pelayanan jasa pos dan giro bagi masyarakat baik di dalam maupun di luar wilayah Indonesia dengan menerapkan prinsip-prinsip perseroan terbatas.

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk suatu perusahaan yang bergerak di bidang angkutan udara niaga berjadwal komersial, yang melayani penumpang dan barang, baik untuk rute domestik maupun internasional. 


Pelayanan Jasa Cargo
Di bidang pelayanan dan pemasaran jasa cargo, Pos Indonesia menyediakan ruangan untuk lokasi penyerahan barang dari pengguna jasa cargo kepada Garuda (Service point), dimana Garuda dapat melakukan kegiatan pelayanan bagi pelanggan eksisting  jasa cargo Garuda. Pos Indonesia akan mengantarkan barang-barang cargo Garuda antara service point dan gudang Garuda lini satu di bandara asal, maupun gudang Garuda lini satu di bandara tujuan dan service point tujuan. 

Sedangkan Garuda akan mengangkut barang-barang cargo Garuda dengan pesawat terbang Garuda Indonesia, setelah menerima barang yang telah diangkut Pos Indonesia (trucking) dari service point ke gudang Garuda lini satu di bandara.



Penjualan dan Pelayanan Tiket Penerbangan Garuda Indonesia
Untuk kerja sama pemasaran tiket penerbangan Garuda Indonesia, Pos Indonesia  menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) dan ruangan untuk dipergunakan sebagai lokasi pemasaran tiket penerbangan Garuda Indonesia (sales point), dimana Kantor Pos dapat melakukan kegiatan penjualan dan pelayanan bagi pengguna jasa penerbangan Garuda Indonesia yang akan dilayani di 3.700 Kantor Pos online diseluruh Indonesia.

Sebagai sebuah institusi bisnis yang memiliki infrastruktur massif berskala nasional, Pos Indonesia melakukan optimalisasi pemanfaatan kapasitas kantor pos yang kini berjumlah 3.794 unit tersebar di seluruh Indonesia. Pos Indonesia menyerap  tenaga kerja tak kurang dari  26 ribu pegawai. Di tahun 2010 Pos Indonesia telah melakukan investasi di bidang IT untuk membangun pengelolaan data, online system technology, Project management office, dan Track & Trace System. 

Dalam kerjasama ini Garuda memberikan dukungan melalui penyediaan pendidikan dan pelatihan bagi SDM POS, menyediakan sarana berupa sistem reservasi tiket, sarana dan prasarana lainn untuk interior sales point. Pelaksanaan kerjasama penjualan tiket ini  direncanakan akan dimulai tanggal 1 Juni 2011 setelah memenuhi persyaratan dan kajian kelayakan.

Dalam jangka panjang akan dikembangkan layanan Co-Branding antara Pos Indonesia dan Garuda Indonesia dibidang pengiriman kargo yang terintegrasi mulai dari pengiriman sampai penerimaan di kota tujuan, serta layanan lain yang dapat mendukung Garuda Indonesia.